Kamis, 24 Mei 2012


Sehari  Bersama di TBM Bintang
Apa kabar anda hari ini????
Alhamdulilah luarr biasa … hore hore ketemu lagi dechhh hari ini Minggu tanggal 22 April 2012 pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai kegiatan di TBM BINTANG secara sepesial kenapa??? Karena gini niiiii kebetulan hari ini ada acara di TBM yaitu pelatihan Klasifikasi atau saya lebih senang menyebutnya belajar bareng nglasifikasi buku gitu,, terus dilanjutkan sore nya kegiatan seperti biasa yaitu BIMBEL hehe,,,, seru kan? Pokok e sehari bersama di TBM Bintang ….

 Oke kegiatan yang padat ini kita mulai dengan kegiatan klasifikasi buku,.. tujuannya adalah biar temen-temen pengurus itu  bisa nglasifikasi buku ketika buku datang jadi gak usah nunggu saya untuk nglasifikasi nya gitu kan kalau harus menunggu saya kelamaan gitu,. Hmmm sebenarnya acara ini sudah kita rencanakan dimulai pukul 09.00 tapiii yang namanya orang Indonesia selalu aja molor jam 11 baru dimulai yah untung aja ini acar sersan gag resmi2 amat gitu, jumlah teman-teman pengurus yang datang juga Cuma sedikit hanya ada saya, dek ika, dek linda,  dek ismi, mbak uly, mas aphek, dan mas iwan. Yah gag apa-apa mungkin lagi pada punya acara mungkin hehe, dan siapakah pembicaranya?????

Hihi saya sendiri hehe (garing ya?kriuk-kriuk) seperti yang telah saya katakana diatas saya lebih seneng ini disebut belajar bareng  karena apa? Yah karena saya sendiri masih belajar hehe sama seperti teaman-teman hanya saja saya mempelajarinya terlebih dahulu dibanding teman-teman karena saya sekolah di jurusan Ilmu perpustakaan, sehingga saya di TBM mendapatkan amant untuk menjadi coordinator perpustakaanya yang tugasnya lebih banyak berhubungan dengan buku dari mengklasifikasi, inventaris, labeling, sampai buku bisa dipinjam pemustaka yang datang. Eits jangan salah tapi saya juga aktif di Bimbel lhooo karena saya suka bermain belajar bersama anak-anak kecil. Oke focus lagiii, Namun begitu tugas saya juga dibantu oleh teman-teman pengurus yang lain ada Rizka, Linda, ikha, mbak uli, mas iwan, mas apek, pokok e yang mau-mau aja dech hehe.  
Penjelasan saya mulai dari awal buku datang lalu dicatat dibuku inventaris, langkah berikutnya yaitu mengklasifikasi buku tersebut berdasarkan subyek nya apa itu novel apa komik itu kalau mudah diliat bentuknya tapi kalau buku bacaan lainya bingung mau dimasukan kelas berapa kita bisa tau subyek buku itu dari daftar isi, kata pengantar, review buku di belakangnya, atau bahkan membacanya. Setelah itu kita cocokan subyek tersebut dengan nomor kelas dari DDC edisi Towa misal saja Novel 813. Setelah itu kita tinggal buat nomor pangilnya dengan rumusan SR maksudnya serial atau koleksi yang bisa dipinjam lalu nomor kalsifikasi tadi 813 terus bawahnya 3 nama pengarang yang sudah dibalik lalu ditulis dengan huruf capital misal nama aslinya Ramadahani Nia maka dalam nomor pangil ditulis dengan NIA , selanjtunya baris terakhir ditulis judul huruf pertama dari buku tersebut dan ditulis dengan huruf kecil. Itu merupakan rumusan dari penulisan nomor panggil. Langkah selanjutnya yaitu menyampuli buku agar tidak mudah rusak. Dan yang terakhir menyusun buku di rak sesui nomor kelas agar mudah untuk ditemukan kembali.
Setelah saya memeberikan penjelasan panjang dan sangat lebar saya menyuruh teman-teman untuk langsung mempraktekannya agar mereka tau sejauh mana kemampuan mereka, apakah sudah bisa, apa ada kesulitan, biar nanti kita diskusikan bersamasama jika ada maslah. Setelah dirasa tidak ada masalah hmmmm kegiatan itupun sya tutup di jam 14.00 karena saya rasa cukup dan juga capek hehe menghemat tenaga untuk kegiatan bimbel nanti sore. Banyak pelajaran yang saya dapat dari belajar bersama dan berbagi informasi tadi, selain sya semakin tertantang untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sebelumnya belum pernah saya bayangkan, saya pun berhasil memetik sebuah pelajaran yaitu rasa berbagi karena apa? Acara kita ini awalnya tidak ada yang namanya snack atau jamuan lainya karena namanya juga belajar bareng gratis lagi hehe, tapi ditengah-tengah acara ada-ada aja oaring-orang disekitar TBM yang memberikan bantuan materil berupa minum dan makanan, Alhamdulilah hal itu terjadi tanpa kita harus meminta. Itulah kebudayaan masyarakat di dusun saya, patut dilestarikan… setuju!!!!
Sore pun tiba ayoo bimbell anak-anak uadh nunggu (SMS yang saya terima dari mas Aphek) sedikit mengantuk tapi saya tetap semangat untuk berangkat karena apa? Materi kita kaili ini adalah tetep sama nyanyi hehe latihan koor gitu. Semoga latihan kali ini anak-anak bisa serius ya.. karena kebiasaan mereka itu bercanda mulu,. Dan karena adanya kehadiran dari mbak herny senior kita yang ditakuti anak-anak latihannya sedikit serius meskipun ada juga yang bercandaan, namaun bisa dikatakan lebih kondusif hehe.
Bimbel akhirnya ditutup pukul 17.30 sebelum adzan maghrib. Alhamdulillah kegiatan hari ini bisa berjalan dengan lancar walaupun padat hehe, semoga cerita tadi bisa menginspirasi rekan-rekan yang membaca tulisan ini. Banyak hal yang dapat kita petik dari orang-orang disekitar kita, yang dapat bermanfaat  bagi kehidupan kita gar lebih baik lagi. Sampai ketemu di cerita dan keseruan TBM Bintang selanjutnya….terus ikuti ya… TBM Bintang Belajar Bersama Menggapai Impian….
niii poto nya,. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar